Minggu, 07 Februari 2016

ANATOMI E-MAIL


Email merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lain melalui jaringan internet. Email sebagai pesan memiliki kesamaan dengan surat yang ada pada dunia nyata. Surat pada dunia nyata mempunyai bagian-bagian tertentu yang memudahkan bagi pak pos untuk mengirim surat dari sumber ke tujuan tertentu. Begitu juga pada email, email mempunyai ciri-ciri yang dapat kita identifikasi. Email memiliki beberapa bagian diantaranya adalah header, attachment, body dan pembatas.
Pada email yang saya bahas berikut ini memiliki 2 buah attachment kecil. Berikut ini adalah anatomi email yang saya bahas secara sekilas.
Email pada gambar di atas adalah gambar email secara keseluruhan.  Gambar di berikut ini (di bawah) adalah berupa anatomi email bagian Header.
Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa pada header terdapat subject email, pengirim (byz_ariy@yahoo.co.id) dan juga penerima (byz_ariy@yahoo.co.id). Pada gambar di atas pengirim dan penerima adalah sama karena saya mengirim kepada alamat email sendiri. Selanjutnya, gambar di bawah ini adalah berupa attachment yang akan saya tampilkan.
Pada gambar di atas attachment yang ada adalah referensi.txt (dalam format text) dan juga readme.txt (dalam bentuk text). Pada gambar selanjutnya saya akan menampilkan bagian body dari email yang saya tampilkan.
Pada bagian body di atas, terdapat pesan yang isinya adalah bertuliskan “tes email,  1  2  3”.
Selain header, body dan attachment, terdapat bagian email yang disebut dengan pembatas. Pembatas pada email yang ada pada gambar di atas adalah berupa garis yang memisahkan antara header dan attachment, attachment dan body.
Demikian saja penjelasan singkat dari saya mengenai anatomi email, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar